Mirza Ayu Prastiti

Sabtu, 31 Maret 2018

CONTOH ARTIKEL YANG BAIK DAN BENAR KELAS XII SMA

Peranan Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa


Dalam dunia pendidikan sudah tidak asing lagi apabila kita mendengar kata tata tertib sekolah. Dimana tata tertib seolah menjadi belenggu tersendiri bagi beberapa siswa.

Pada dasarnya tata tertib adalah aturan-aturan yang harus ditaati dan dilaksanakan. Namun, seiring berjalannya waktu banyak siswa yang salah dalam memahami arti dari tata tertib itu sendiri. Banyak dari siswa beranggapan bahwa tata tertib adalah aturan-aturan yang dibuat untuk dilanggar. Kesalahan dalam memahami kata tata tertib ini seolah-olah membuat tata tertib tidak berperan dalam aspek kehidupan siswa. Padahal jika ditinjau dari tujuannya tata tertib begitu berperan dalam aspek kehidupan siswa terutama dalam menciptakan generasi siswa yang baik dan unggul.

Adapun beberapa tujuan dari tata tertib sekolah yaitu, a) menciptakan suasana yang damai, b) menciptakan lingkungan yang baik sehingga tercipta keindahan, c) menciptakan generasi siswa yang baik dan unggul.

Berdasarkan tujuannya untuk menciptakan kepribadian yang baik dan unggul ada 3 faktor yang harus dipenuhi yaitu tingkah laku(perilaku), sikap, dan pemikiran. Dalam tingkah laku, tata tertib berperan mengatur bagaimana perilaku siswa dan yang menandakan terlaksanakannya tata tertib tersebut adalah seberapa baik perilaku siswa pada guru, teman maupun anggota sekolah lainnya. Sedangkan sikap adalah hasil dari tata tertib itu sendiri seperti contoh siswa menjadi disiplin dan patuh. Selain itu dengan adanya tata tertib siswa dapat berpikir tentang apa yang seharusnya dan sepatutnya dilakukan dan siap mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tata tertib berperan penting dalam aspek kehidupan siswa. Diman dengan terlaksanakannya tata tertib sekolah akan dapat menciptakan generasi siswa yang baik dan unggul.

By Mirza Ayu Prastiti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar